Kamis, 12 Juni 2014

PGSD pilihan terbaikku

Nama yang tidak asing lagi di telinga masyarakat. Salah satu jurusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Muhammadiyah Malang ini sudah berakreditasi “B”. PGSD kini menjadi salah
satu jurusan yang di gandrungi masyarakat. Dengan standar pendidikan di UMM yang maju, jurusan ini menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Selain mengedepankan kualitas pendidikan, juga mengedepankan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan memiliki keunggulan IPTEK dan tidak lupa memiliki IMTAQ yang tinggi. Sehingga menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas serta memiliki iman dan taqwa yang tinggi.
PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran dalam pencapaian hasil pendidikan.

Visi
Menjadi program studi terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing   di tingkat lokal dan global dengan keunggulan dalam IPTEK dan   IMTAQ .

  
Misi
1.    Menyelenggarakan pendidikan di bidang ke-SDan, yang mengedepankan   Pendidikan Kesederajatan (inklusif), kemuhammadiyahan, berkualitas professional yang Islami.
2.   Menyelenggarakan penelitian di bidang IPTEK kependidikan ke SD-an, keislaman dan kemuhammadiyahan.
3.   Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai tanggungjawab sosial berasaskan amal usaha muhammadiyah yang mengutamakan para kaum du’afa.
4.   Mejalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan untuk mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan ke SD-an.

Tujuan
1.    Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) yang berkualitas, professional dan islami.
2.   Menyelenggarakan pengembangan penelitian di bidang pendidikan Ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) dan pembelajarannya dengan menggunakan metode tindakan kelas.
3.   Menghasilkan dan menyebarluaskan IPTEK di bidang ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.
4.   Menjalin kerjasama   (networking) dengan lembaga atau instansi yang terkait untuk meningkatkan mutu dan profesinalitas lulusan.



Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran yang ingin di capai oleh program studi PGSD sampai dengan tahun 2012 adalah terselenggaranya kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efektif, sehingga terpenuhinya angka kecukupan akreditasi, dengan rincian:
1.    Tersusunya renstra program studi dan tersosialisasikan ke seluruh civitas akademika.
2.   Tersusunya kurikulum revisi yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berbasis pendidikan kesederajatan/inklusi) serta   penjabaranya ke dalam silabus setiap mata kuliah.
3.   Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di semua kelas dengan pemanfaatan multimedia
4.   Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kualitas berkelanjutan.
5.   Menghasilkan lulusan tepat waktu dengan indeks prestasi rata-rata minimal 2,75, dan memiliki keunggulan kompetensi mengelola pembelajaran kesederajatan di sekolah  inklusi.
6.   Meningkatkan kualitas SDM program studi dengan pengiriman studi lanjut dan magang.
7.   Melaksanakan kegiatan 10 penelitian dosen tentang pembelajaran di SD
8.   penyelenggara inklusif dan SD umum
9.   Terpublikasikannya 20 karya ilmiah dosen dan mahasiswa di jurnal lokal dan Nasional.
10.   Melaksanakan 5 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Menejemen Berbasis Sekolah di SD Inklusif dan SD umum se  Malang  Raya.
11.    Menjalin kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) ”Pembina” dan Tim 
12.   Pengembang sekolah Inklusi Jawa Timur untuk peningkatan SDM dosen dan kualitas  lulusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar