PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang memiliki visi, misi, tujuan dan
sasaran dalam pencapaian hasil pendidikan.
Visi
Menjadi program studi terkemuka
dalam menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar yang
mampu bersaing di tingkat lokal dan global dengan
keunggulan dalam IPTEK dan IMTAQ .
|
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ke-SDan, yang
mengedepankan Pendidikan
Kesederajatan (inklusif), kemuhammadiyahan, berkualitas
professional yang Islami.
2. Menyelenggarakan penelitian di bidang
IPTEK kependidikan ke SD-an, keislaman dan kemuhammadiyahan.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada
masyarakat sebagai tanggungjawab sosial berasaskan amal usaha
muhammadiyah yang mengutamakan para kaum du’afa.
4. Mejalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling
menguntungkan untuk mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan ke
SD-an.
|
Tujuan
1. Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah
Dasar yang mengedepankan pendidikan kesederajatan
(inklusif) yang berkualitas, professional dan islami.
2. Menyelenggarakan pengembangan penelitian di bidang
pendidikan Ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan
(inklusif) dan pembelajarannya dengan menggunakan metode tindakan kelas.
3. Menghasilkan dan menyebarluaskan IPTEK di bidang ke SD-an
yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) untuk
meningkatkan pendidikan dan pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.
4. Menjalin kerjasama (networking) dengan
lembaga atau instansi yang terkait untuk meningkatkan mutu dan profesinalitas
lulusan.
|
Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran yang ingin di capai oleh
program studi PGSD sampai dengan tahun 2012 adalah terselenggaranya kegiatan
pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efektif, sehingga
terpenuhinya angka kecukupan akreditasi, dengan rincian:
1. Tersusunya renstra program studi dan tersosialisasikan ke
seluruh civitas akademika.
2. Tersusunya kurikulum revisi yang terstruktur dalam
kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berbasis
pendidikan kesederajatan/inklusi) serta penjabaranya ke dalam
silabus setiap mata kuliah.
3. Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di semua kelas dengan
pemanfaatan multimedia
4. Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang
berorientasi pada peningkatan kualitas berkelanjutan.
5. Menghasilkan lulusan tepat waktu dengan indeks prestasi
rata-rata minimal 2,75, dan memiliki keunggulan kompetensi mengelola
pembelajaran kesederajatan di sekolah inklusi.
6. Meningkatkan kualitas SDM program studi dengan pengiriman
studi lanjut dan magang.
7. Melaksanakan kegiatan 10 penelitian dosen tentang
pembelajaran di SD
8. penyelenggara inklusif dan SD umum
9. Terpublikasikannya 20 karya ilmiah dosen dan mahasiswa di
jurnal lokal dan Nasional.
10. Melaksanakan 5 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang
berorientasi pada pengembangan Menejemen Berbasis Sekolah di SD Inklusif
dan SD umum se Malang Raya.
11. Menjalin kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) ”Pembina”
dan Tim
12. Pengembang sekolah Inklusi Jawa Timur untuk peningkatan
SDM dosen dan kualitas lulusan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar